Uncategorized

Melihat Titik Terang

Judul: Melihat Terang
Penulis: Agung Adiprasetyo
Tahun Terbit: 2017
Penerbit: Buku Kompas
Jumlah halaman: 208

“Kebenaran lain yang bisa menjadi tidak benar adalah melihat sebuah hal dari sisi mayoritas minoritas. Oleh karena sebagian besar orang ke kanan, maka orang yang berjalan ke kiri bisa saja dianggap salah. Padahal, mungkin saja justru dia yang benar. Pada saat semua orang berpendapat dunia ini datar, maka orang yang beranggapan bumi ini bulat dihukum mati. Eeehhh, ternyata yang benar yang mengatakan bumi ini bulat. Tetapi, dia sudah terlanjur masuk liang kubur.”

Ketika membaca nukilan tersebut, aku makin bersemangat melanjutkan halaman demi halaman. Tadinya saat membaca bagian pengantar dari penulis, aku tidak berekspektasi muluk-muluk dari buku yang dirangkum dari program radio Smart Enlightening People. Semangati hidup anda, begitulah penulis mensarikan tentang apa pun yang kita jalani setiap hari. Sebab, hidup tidak melulu diisi dengan cerita-cerita keberhasilan. Kita tentu tidak menampik bahwa kita tidak mudah untuk menghalau keresahan yang berkelindan atas ujian-ujian yang kita alami.

Buku ini mengajak kita untuk menemukan titik terang bagi persoalan yang kita hadapi. Terbagi menjadi tiga bab, tiap subjudulnya kukira akan memantik pembaca untuk menyelami kisah demi kisah yang ada di dalamnya. Analogi-analoginya mungkin juga akan membuat pembaca berdecak kagum, sebab saking dekatnya cerita yang disuguhkan dengan kehidupan kita sehari-hari. Banyak topik menarik yang dibicarakan, aku hanya akan memperkenalkan sekelumit isinya. Sisanya, aku serahkan kepada kalian untuk membacanya.

Penulis mengingatkan kita untuk hati-hati terhadap generalisasi. Generalisasi itu menganggap suatu hal atau suatu kejadian atau suatu kasus sudah pasti menjadi premis umum yang bisa ditarik kesimpulannya bahwa semuanya pasti begitu. Contohnya: kalau ada satu orang yang berasal dari suatu daerah tertentu yang kebetulan pelit, maka kita bilang SEMUA orang dari daerah itu pasti pelit. Dan menariknya, contoh lainnya tentang: “Perempuan memang suka begitu!” Loh, perempuan yang mana? Apa benar semua perempuan bersikap begitu? Asli deh, bagian ini bikin aku tergelitik, mirip dengan pernyataan: “Semua laki-laki itu sama!” Hahaha.

Dan buku ini benar-benar menghibur, silakan dibaca deh. Aku yakin kalian tidak akan menyesal. Yuk ikutan baca~

Satu tanggapan untuk “Melihat Titik Terang”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s